4 Tips Memilih Trekking Pole yang Berkualitas Bagus

Peralatan bernama trekking pole menjadi peralatan yang wajib dibawa ketika melakukan perjalanan di medan yang terbilang sulit. Salah satunya adalah ketika mendaki gunung, sehingga bagi yang hobi hiking ataupun kegiatan outdoor lainnya bisa memiliki perlengkapan satu ini. Bisa dibeli langsung di toko perlengkapan olahraga ataupun melakukan pemesanan melalui transaksi jual beli online di toko online terpercaya. Manapun yang dipilih untuk mendapatkannya usahakan memilih yang kualitasnya paling baik.

Peralatan satu ini akan membantu mentransfer seluruh berat bawaan dan bobot tubuh ke seluruh tubuh sehingga tidak berpusat di satu titik pada punggung maupun kaki. Ketika membawanya saat melakukan pendakian gunung maka bisa melindungi tubuh agar tidak mudah lelah maupun merasa kesakitan. Jadi, perlengkapan ini tidak hanya membantu Anda berjalan dengan lugas ketika sampai di lintasan yang sulit saja melainkan punya lebih banyak manfaat yang menguntungkan kegiatan pendakian tersebut.

Tips Memilih Peralatan Satu Ini

Manfaat ini akan maksimal jika Anda sudah memilih trekking pole yang baik dan benar, sehingga jangan asal beli. Sebelum menyimak beberapa tips di bawah ini:

  1. Mencari yang bobotnya ringan,
    Untuk kenyamanan selama memakai peralatan ini usahakan mencari yang ringan agar mudah digerakkan dan mencari tumpuan terbaik. Ringan tidaknya bisa dilihat dari material penyusunnya, dan paling sering dijumpai adalah material karbon dan juga alumunium. Paling ringan dari material karbon hanya saja mudah bengkok, sedangkan alumunium lebih kuat namun lebih berat.
  2. Baiknya mencari yang model flip lock,
    Model peralatan satu ini ada yang dibuat flip lock ada pula yang dibuat twist lock yang kalau boleh jujur lebih nyaman model flip lock. Model ini membuat peralatan satu ini lebih mudah mengendalikan settingan shock untuk mengunci pijakan. Biasanya dengan model flip lock maka cukup menekan tombol dan shock akan berubah menutup atau terbuka sesuai saat mendaki atau turun gunung sehingga lebih praktis dibanding twist lock yang musti diputar.
  3. Ukuran disesuaikan dengan proporsi tubuh,
    Pembahasan peralatan satu ini tentunya perlu memperhatikan ukuran atau ketinggiannya yang idealnya disesuaikan dengan proporsi tubuh. Pada saat memegang peralatan ini di tangan dan kemudian lengan sampai pergelangan tangan membentuk sudut 90 derajat. Maka bisa disimpulkan kalau panjang peralatan yang dipilih sudah tepat, namun jika lebih atau kurang baiknya beralih ke ukuran lainnya. Sebab ukuran tepat memastikan kontrol terhadapnya lebih mudah.
  4. Memperhatikan bahan pada handle,
    Bahan pada bagian handle tentunya juga musti diperhatikan karena nantinya akan mempengaruhi kenyamanan. Peralatan satu ini biasanya memakai handle yang dibuat dari bahan busa dan juga karet. Bahan busa memang yang paling banyak dipilih karena lebih empuk sehingga terasa lebih nyaman hanya saja lebih mudah rusak dibandingkan bahan karet. Jadi, pertimbangkan masak-masak supaya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan merasa nyaman saat memakainya.

Peralatan satu ini memang bukan peralatan yang sifatnya wajib untuk dibawa saat mendaki gunung, akan tetapi melirik manfaatnya. Sudah tentu tidak akan menyesal sudah membeli dan rutin mengajaknya menemani mendaki gunung dimana pun lokasinya. Kemampuannya yang baik untuk menopang berat badan dan menjaga keseimbangan saat mendaki membantu siapa saja menyelesaikan pendakian dengan baik. Sehingga jika merasa membutuhkannya, silahkan cek pilihan trekking pole beserta harganya di situs belanja online maupun toko perlengkapan olahraga konvensional terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *